Optimalkan Pelayanan Lansia, RSU M. Nasir Solok Berikan Edukasi

Solok, SuhaNews. Mengawali hari kerja Senin (11/11), tim PKRS RSUD M.Natsir  bersama Ronal Lufitos, SSt.FT dari Instalasi Rehabilitasi Medik memberikan informasi dan Edukasi kesehatan di ruang tunggu Poliklinik Geriatri Terpadu dengan tema CARPAL TUNNEL SYNDROME (CTS).


 CTS ini ialah suatu kondisi yang membuat tangan mengalami sensasi kesemutan, mati rasa, nyeri, atau lemah. Sindrom ini terjadi ketika saraf di dalam pergelangan tangan terhimpit atau tertekan. Biasanya bagian jari yang sering terserang kondisi CTS adalah bagian jempol, jari telunjuk, jari tengah, dan juga telapak tangan. 

Ronal Lufitos selaku Narasumber dari pertemuan tersebut mengatakan bahwa Wanita lebih berisiko mengalami penyakit ini karena wanita lebih sering menggunakan pergelangan tangan ketika melakukan aktivitas pekerjaan rumah seperti memeras baju, menyapu, mengulek bumbu masakan, dan lain lain. Penyebab CTS ini sambung Ronal yakni Faktor trauma/fraktur dan juga Faktor aktivitas. 

"Aktivitas yang menggunakan tangan berulang-ulang seperti, menjahit, menulis, dan pekerjaan rumah tangga yang dominan menggunakan tangan juga beresiko datang nya gejala ini", ungkap Ronal.

Sementara  Faktor usia, diabetes atau rheumatoid arthritis pun tidak menutup kemungkinan bisa terkena ulasnya.

" Adapun Gejala CTS tersebut adalah Pada malam hari saat terbangun merasakan nyeri yang panas membakar serta parastesi (sensasi kesemutan, menggelitik, menusuk-nusuk), Tangan melemah, Kesulitan merasakan dan memegang benda-benda kecil,  Muncul rasa seperti tertusuk pada jari tangan, Muncul rasa sakit yang menjalar ke tangan atau lengan", pungkas nya.


Namun Ronal melanjutkan dengan adanya gejala yang tampak maka Pencegahan CTS perlu diantisipasi diantara nya dengan mengistirahatkan tangan sejenak untuk menghindari adanya tekanan pada tangan,  Lakukan peregangan pergelangan tangan,  Posisikan pergelangan tangan agar tetap lurus pada saat sedang tidur tutup Ronal menjelaskan.

Sementara kepala instalasi PKRS Saifuddin pun berkomentar kepada SuhaNews dengan mengatakan bahwa "Tujuan dari PKRS di RSUD M.Natsir ini adalah menyampaikan informasi kepada masyarakat supaya  masyarakat dilingkup rumah sakit dapat menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat melalui perubahan pengetahuan, sikap, dan perilaku pasien Rumah Sakit serta pemeliharaan lingkungan disekitar Rumah Sakit agar termanfaatkan dengan baik semua pelayanan yang disediakan ",pungkas Saifuddin mengakhiri.

reporter : Dedi Hermanto
editor : Moentjak