Penyuluh Agama X Koto Diatas Motori Lomba Tahfiz di Tanjung Balik

Tj. Balik, SuhaNews. Mengambil momentum pekan Muharam, Masjid Besar Al Kautsar Tanjung Balik menggelar lomba Tahfiz antar generasi muda (usia sekolah) di nagari Tanjung Balik. Acara yang dibuka pada Sabtu (21/9) yang lalu dimotori oleh Nofriman, S,Ag penyuluh agama honorer di KUA X Koto Diatas.


Nofriman, S.Ag selaku ketua pelaksana dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 60 orang santri yang sebagian besar adalah santri pondok Al Qur'an Masjid Besar Al Kautsar Tanjung Balik. Tujuannya kegiatan ini untuk ajang ujicoba bagi para santri untuk mengukur kemampuannya dalam menghafal Al Qur'an.

Selaku pengurus dan pengasuh pondok Al Qur'an Masjid Besar Al Kautsar, penyuluh agama teladan Kab. Solok ini mengatakan bahwa untuk memotivasi santri dalam belajar brlau dilakukan brbagai cara, salah satunya lomba antar santri.

"Selain itu lomba ini juga diharapkan dapat menambah rasa percaya diri santri dalam menunjukan hafalannya", sebut Nofriman.

Diakhir laporannya Nofriman juga mengajak para orang tua untuk selalu mendorong para santri meningkatkan hafalannya dengan memantau, dan memotivasi santri.

Sementara itu Wali nagari Tanjung Balik Zalhudin yang membuka lomba ini, mengapresiasi Pondok Al Qur'an di Masjid Al Kautsar yang motori oleh Penyuluh Agama Non PNS ini. Karena kegiatan ini dapat menghidupkan syiar agama di nagari Tanjung Balik.

Zalhudin juga menyebut kegiatan yang digagas oleh Pengurus Masjid Besar Al Kautsar bersama Pondok Al Qur'an ini sebagai bentuk dukungan pada program Pemerintah Kabupaten Solok yakni Magrib Mengaji dan Sekolah Umum Berbasis Pesantren (SUBP).

Menutup sambutannya Zalhudin berharap kegiatan ini akan melahirkan hafizh dan hafizah dari nagari Tanjung Balik, sehingga kedepannya akan ada putra putri nagari Tanjung Balik yang dikenal sebagai Penghafal Al Qur'an.

reporter : Yen | Abil
editor : Moentjak