JCH Pasaman Ikuti Manasik Pemantapan

INFO HAJI 2019
JCH Pasaman Ikuti Manasik Pemantapan

Pasaman, SuhaNews. Hanya hitungan hari calon jemaah haji (CJH) Kabupaten Pasaman akan berangkat menunaikan ibadah ke tanah suci.


Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Edy Ridwan Jumat (5/6) menerangkan, CJH Pasaman akan berangkat bersama kelompok terbang (kloter) V bersama CJH asal Pesisir Selatan, meninggalkan tanah air pada tanggal 10 juni mendatang.

Edy mengatakan, sebagai langkah pemantapan sekaligus bentuk tanggung jawab pemerintah di bidang layanan haji seperti yang diamanahkan dalam undang-undang nomor 13 tahun 2008 pihaknya menggelar bimbingan manasik kabupaten selama dua hari (5-6/6) di gedung Kogsda Lubuk Sikaping.

“Manasik diikuti sebanyak 303 CJH”,ungkap Kasi PHU saat acara pembukaan manasik yang diresmikan Bupati Pasaman.

Sisi yang sama, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasaman Dedi Wandra meminta keseriusan CJH dalam mengikuti bimbingan yang juga dimantapkan oleh Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat yang diwakili Kabid Urais Binsyar Syamsuir serta pembimbing-pembimbing berkompeten lainnya.

Dedi mengatakan, manasik sangat penting guna memantapkan diri jemaah dalam menjalankan ibadah haji di tanah suci nantinya serta menunjang kesuksesan dan meraih kemabruran.

Dalam pesannya, Dedi mengingatkan tuga ratusan jemaah selalu menjaga kesehatan jasmani, rohani, kedisiplinan, pola makan serta meningkatkan kualitas ibadahnya kepada Allah SWT.

Kakan juga menginformasikan,sebenarnya tahun ini jumlah CJH sebanyak 312 orang, tetapi Sembilan orang batal berangkat disebabkan dua orang  telah meninggal dunia, lima orang mengundurkan diri dan dua lagi mutasi keberangkatan.

Bupati yang diwakili asisten Azhari berpesan CJH Pasaman tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk beribadah haji dengan bersungguh-sungguh mengikuti manasik yang sarat dengan ilmu perhajian yang digelar Kemenag Pasaman ini.

Disampaikannya, Bupati bahagia dengan kesempatan yang diperoleh 303 masyarakat Pasaman terpanggil sebagai tamu Allah pada tahun ini yang termasuk didalamnya ada 101 PNS baik di pemerintah daerah maupun Kemenag Pasaman.

Dinilainya, suksesnya meraih haji mabrur akan menunjang terwujudnya visi pemerintah daerah yakni masyarakat yang sejahtera, agamis dan berbudaya.

Kabid Urais Binsyar yang hadir memberikan bimbingan menjelaskan kepada CJH Pasaman yang berangkat pada gelombang pertama tentang kondisi dan tahapan-tahapan yang akan dilalui saat perjalanan haji nantinya.ABIe


Berita Terkait :