Tiga Dusun di Batang Barus Mendapatkan Program CSR PT. TIV Pabrik Solok

Solok, SuhaNews Pada 2019  ini, PT. Tirta Investama (TIV) Pabrik Solok yang memproduksi Air Minum DalamKemasan (AMDK) merek AQUA, kembali melanjutkan program kegiatan Corporate Sosial Responsibility (CSR) untuk tiga dusun di Nagari Batang Barus.


“Kita masih fokus di Nagari Batang Barus,” ujar Stakeholder Relation PT.TIV Solok Azra`i didampingi oleh CSR Jon Betrit.

Pada waktu Kick Off  Meeting Program CSR tahun 2019, jelas Azra’i, ada tiga kegiatan yang akan diadakan untuk tiga  dusun yang ada di Nagari Batang Barus Kec.Gunung Talang Kab.Solok.  Ketiga   program ini adalah merupakan lanjutan dari program tahun 2018.  Diharapkan pelaksanaan  2019 lebih baik daripada tahun lalu karena sudah  merupakan kegiatan lanjutan.

“Program Akses Air Bersih untuk masyarakat Dusun Rawang Jorong Lubuk Selasih dan Dusun Jariang Jorong Kayu Aro,” jelas Azra’i dan Jon Betrit.


Akses air besrsih, jelas Azra’i, dilakukan berdasarkan usulan dari masyarakat dan assessment yang diakukan oleh PT TIV bersama mitra CSR Aqua Solok, PKBI (Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia).

Di dua dusun tersebut, jelas  Azra’i,  hanya 13 % masyarakat yang memiliki akses air bersih. Itupun tidak permanen, kadang air mengalir dan kadang kekeringan.  Di samping itu, hanya 18% masyarakat memiliki jamban di rumah masing-masing. Selebihnya aktivitas BAB (buang air besar) ada yang di sungai, gali-tutup lubang, ke rumah tetangga dan ke masjid/musala.

“Kita berharap sampah bisa terkelola dengan baik,” jelas Azra,i.

Sehingga tidak  ada lagi masyarakat yang buang sampah ke parit/bandar atau dibakar. Pengetahuan masyarakattentang Pola Hidup Bersih dan Sehat dan kesadaran masyarakat akan pentingnya perilaku sehat masih perlu ditingkatkanAgar  pola hidup sehat makin dipahami oleh masyarakat.

PT TIV ikut bertanggung jawab membantu program pemerintah dalam mengatasi ketersediaan akses air bersih,” ujar Jon Betrit.

Program CSR PT TIVini, papar Azra’i,  mampu menaikkan peringkat Nagari Batang Barus, Kecamatan Gunung TalangKabupaten Solok dalam peringkat akses persentase STBM (sanitasi total berbasis masyarakat) secara nasional 

Pada Tahun 2017  di angka 56,20%, tahun 2018 di angka 61,80% dan di pertengahanTahun 2019 sudah diangka66,77%. Diharapkan dengan adanya program lanjutan ini maka peringkat akses persentase DTBM juga meningkat.

Selain air bersih dan jamban keluarga, jelaz Azra’i. CSR PT TIV juga akan melaksanakan Program SekolahLapangan dan Konservasi untuk masyarakat Dusun V Jorong Kayu Aro. Hal ini dimaksudkan untuk memelihara tanaman palawija/sayuran agar bisa tumbuh lebih baik dengan hasilnya yang berkualitas melalui Sekolah Lapangan dan Konservasi.

“Kita juga mengolah hasil pertanian sayuran menjadi produk olahan yang lebih baik sebagai alternatif ketika hargajual sayuran anjlok di pasaran,” tambah Azra’i.
Untuk menaikkan nilai jual, jelasnya, juga dilakukan pengemasan produk yang sudah diolah dengan bentuk yang lebih menarik dan pemasarannya yang lebih luas. Di sampig itu untuk memperkuat pengetahuan dan keterampilanmasyarakat tentang konservasi.

Azra’i  mengakui jika program CSR PT TIV belum menyentuh nagari lainnya di Kabupaten Solok. Sejak berdiri tetap baru melaksanakan program di sekitar lingkungan pabrik. Diharapkan ke depan makin banyak yang bisa disentuh program CSR Pabrik Aqua Solok ini.Wewe