K3S Lembang Jaya Gelar Pelatihan Menulis Untuk Guru dan Kepsek

Bt. Bajanjang, SuhaNews. Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kecamatan Lembang Jaya  menggelar pelatihan menulis bagi guru dan kepala sekolah. Acara ini digelar di SDN 13 Batu Bajanjang pada Selasa (5/3).


Dasril Kepala SDN 13 Lembang Jaya selaku panitia dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini didasarkan pada Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, pada pasal 10 ayat (1) yang menyatakan tentang kompetensi yang dimiliki oleh seorang guru yakni kompetensi meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional yang diperoleh melalui pendidikan profesi.

Dilaporkan juga bahwa peserta kegiatan ini sebanyak 25 orang yang terdiri dari para guru dan kepala sekolah yang akan naik pangkat ke golongan III maupun golongan IV.

Kemudian untuk meningkatkan kompetensi sekaligus menunjang karir guru dan kepala sekolah, juga akan dilaksanakan pelatihan pembuatan PTK dan PTS yang akan dimulai pada bulan Maret ini. Kegiatan yang dirancang sebanyak 12 kali pertemuan ini direncanakan pada siang hari selepas jam belajar.

Untuk kegiatan pelatihan menulis ini K3S Lembang jaya mengundang DR. Asrinur sebagai narasumber. Kepada peserta juga diminta untuk mengembangkan ilmu yang didapat dalam kegiatan ini kepada rekan guru lain ditempat tugas, karena keterbatasan kesempatan mengikuti kegiatan ini.

"Diharapkan dengan ilmu yang disampaikan oleh DR. Asrinur nantinya menambah wawasan para guru dan kepala sekolah dalam membuat karya ilmiah, sehingga memudahkan dalam penyusunan kelengkapan bahan naik pangkat" tutupnya.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Solok H. Zulkisar, S.Pd. MM yang membuka kegiatan ini mengapresiasi langkah K3S Lembang Jaya dalam meningkatkan kompetensi guru dan kepala sekolah, seklaigus menjalankan amanat undang-undang pendidikan.

"Guru yang baik itu tidak hanya pintar mengajar atau menyajikan materi, akan tetapi juga pintar menulis. Untuk dapat menulis dengan baik harus punya banyak referensi. Referensida didapat dari membaca" ujarnya menyemangati peserta.

"Setelah memiliki banyak referensi maka diperlukan teknis menulis yang baik agar tulisan menjadi berkulaitas sekaligus memenuhi kriteria sebagai salah satu syarat kenaikan pangkat" tambahnya.


Reportase : Dedi Hermanto
Editor : Moentjak

Baca Juga :