Dama Resto, Wisata Keluarga Penuh Pesona

Solok, SuhaNews – Kabupaten Solok memiliki kawasan wisata yang beragam. Baik yang dikelola pemerintah maupun yang dikelola secara individu atau keluarga. Kali ini mari kita menikmati keindahan Dama Resto, yang berada di Kinari, Kecamatan Bukit Sundi Kabupaten Solok.


Pada awalnya, kawasan yang memiliki panorama, dengan pemandangan selalu menggoda ini, hanya dikenal sebagai rumah makan, dengan menu khas, ayam kampung dan sup buntut ini. Lokasinya yang strategis, berada di ketinggian Kinari membuat banyak yang tergoda dengan rumah makan ini.

Secara bertahap, Anizar  Chan, pemilik Dama Resto mengembangkan kawasan ini menjadi daerah tujuan wisata keluarga. Sebagai wisata keluarga, tidak ada uang parkir, retribusi, dan uang kebersihan yang dipungut saat berkunjung ke sini.


“Silakan menikmati wisata keluarga Dama Resto ini,” ujar Anizar Chan. Ia tidak memberikan nama khusus untuk kawasan wisatanya ini, ia tetap mempertahankan Dama Resto. Begitu ingat Dama Resto, pengunjung akan mengingat rumah makan, sekaligus kawasan wisatanya.

Setiap hari, puluhan hingga ratusan orang berkunjung ke sini, selain untuk menikmati beragam kuliner yang disediakan Dama Resto, juga untuk menikmati kenyamanan berada di kawasan ini. Bukan hanya masyarakat secara umum, Gubernur Sumbar dan beberapa pejabat lainnya ikut menikmati pesona wisata Dama Resto.


Beberapa ormas dan lembaga pemerintah, ujar Anizar Chan, memilih Dama Resto sebagai tempat menggelar rapat dan outbond, untuk merajut silaturrahmi antarsesama. Pada saat tertentu, lokasi parkir tidak mampu menampung kendaraan yang datang. Karena itulah, ia kini akan membangun lokasi parkir yang lebih luas, sehingga bisa menampung kendaraan dalam jumlah yang lebih banyak.

Wisata Dama Resto ini, berada di Nagari Kinari. Sekalipun banyak juga yang menyebutnya Dama Resto Sirukam. Lokasinya memang berada dekat perbatasan Kinari-Sirukam, Kecamatan Payung Sekaki.

Kalau kita dari Solok,dibutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk menempuh perjalanan sekitar 11 km. Lokasi ini juga bisa dijangkau dari Alahan Panjang melalui jalur Kubang Nan Duo- Sirukam-Kinari- Solok. Jaraknya sekitar 31 km dari pasar Alahan Panjang. Dibutuhkan waktu sekitar 30-35 menit dengan kendaraan pribadi.



Untuk mencapai lokasi ini, sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi karena belum tersedia angkutan umum yang setiap saat bisa mengantar jemput penumpang ke kawasan ini. Jalur  Kota Solok – Panyakalan – Dama Resto memberikan kesan tersendiri. Kiri kanan jalan Panyakalan tersaji hamparan sawah dan perumahan penduduk. Begitu memasuki Kinari, keejukan mulai terasa karena kiri kanan jalan dipenuhi pepohonan dan tanaman buah.

Sekitar 2 km menjelang Dama Resto, kita akan tergoda untuk berhenti sejenak karena tersaji pemandangan yang sungguh menggoda. Biasanya pengunjung akan mengabadikan momen ini untuk berselfi ria. Tidak jarang, yang memanfaatkan lokasi ini untuk makan bajamba bersama keluarga.

Keindahan yang tidak kalah menariknya,  jika masuk dari kawasan Alahan Panjang. Perjalanan Alahan Panjang –Sungai Nanam – Kubang Nan Duo – Sirukam - Dama Resto menyediakan hamparan pertanian masyarakat. Sejauh-jauh mata memandang akan terlihat peladangan bawang masyarakat Rimbo Data Sungai Nanam. Hamparan perbukitan yang berlurah ini menyajikan keindahan tersendiri.

Kondisi jalan, baik melalui jalur Kota Solok maupun Alahan Panjang terlihat mulus. Anda harus tetap hati-hati karena jalur ini penuh belokan dan tanjakan. Di samping itu, jalur ini agak kecil sehingga jika ada kendaraan berpapasan dari arah berlawanan, salah satunya perlu menepi agar tidak terjadi gesekan atau tabrakan.


Rasa penat kita akan terobati begitu sampai di Dama Resto. Minuman segar tersedia di sini, begitu juga menu makan siang yang menyediakan makanan khas ayam kampung dan sup buntut serta beragam menu spesifik lainnya.

Menikmati makan siang dan minuman segar sambil melepas pandangan ke arah perkampungan Kinari sungguh memnberikan kesan tersendiri. Lokasi ini menyediakan panorama dengan pemandangan yang indah. Apalagi kini juga sudah ada lokasi bermain anak dan beberapa cottage sehingga sangat cocok untuk wisata keluarga.

Bagi Anda yang ingin menikmati merdunya kukuak ayam balenggek, juga tersedia di sini. Pemilik Dama Resto memiliki belasan ayam kukuak balenggek. Ayamnya bukan saja jago kandang, tetapi telah beberapa kali menjadi juara Sumatera Barat.   Wewe